Rasa Nyeri Saat Haid – Bagaimana mengatasinya?

Seorang remaja bernama Lisa berkonsultasi dengan salah satu pakar medis sehubungan dengan rasa nyeri yang sering timbul menjelang datangnya masa haid. Gadis ini berusia sekitar 18 tahun ia bertanya bagaimana mengatasi rasa nyeri haid demikian? Apakah Anda juga mengalami hal yang sama seperti halnya Lisa? Jika Anda juga merasakan hal yang serupa mari kita dengar penjelasan pakar medis tersebut.

Rasa nyeri ini ditimbulkan karena adanya kontraksi pada rahim menjelang atau saat haid. Ini disebabkan oleh dua hal yaitu psikis dan zat kimia pada tubuh yang bernama prostalglandin. Sedangkan seberapa besar rasa sakit yang harus dirasa penderita bisa berbeda-beda dan biasanya dikaitkan dengan kebiasaan merokok, stress, dan konsumsi minuman beralkohol. Namun ada beberapa cara yang dapat meringankan rasa nyeri saat haid. Apa itu?

Atasi Nyeri Haid – Caranya?

Rasa Nyeri Saat Haid – Bagaimana mengatasinya?Pertama, perhatikan konsumsi yang Anda nikmati! Hindari asupan yang banyak mengandung lemak, gula dan juga kafein. Lebih baik Anda mengkonsumsi Ikan tuna, makarel, sardine dan salmon guna mendapatkan asupan omega 3 yang berfungsi menekan peningkatan produksi prostaglandin sehingga rasa nyeripun berkurang. Selain itu, asupan kalsium dibutuhkan bagi tubuh Anda dan ini dapat Anda peroleh dari susu, youghurt dan es krim rendah lemak. Magnesium membantu penyerapan kalsium pada tubuh dan ini sangat Anda butuhkan, perolehlah dari sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Anda juga membutuhkan vitamin seperti vitamin B1 juga B6 yang membantu pembentukan sel darah merah. Jahe pun akan membantu Anda mengatasi masalah ini cobalah untuk membuat ramuan dengan mencampur jahe dan kunyit.

Kedua Anda bisa melakukan olahraga ringan guna mengatasi nyeri dan merileksasi otot-otot Anda. Ini juga membantu tubuh Anda mengeluarkan endorphin yang akan berfungsi seperti analgetik. Ketiga sehubungan dengan penggunaan obat-obatan penghilang nyeri haid lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter pribadi Anda.

Rasa Nyeri Saat Haid – Bagaimana mengatasinya?Namun ada satu minuman kesehatan yang relatif aman dikonsumsi karena berasal dari tetesan buah segar yang berkhasiat menyembuhkan. Buah ini tidak lain adalah mengkudu yang memiliki nama ilmiah Morinda Citrifolia. Tampilannya memang tidak menarik bahkan aromanya pun seringkali tidak disukai banyak orang terlebih rasanya yang masam.

Apakah memang buah ini seburuk itu? Jangan salah penampilan luar memang dapat menipu, jika Anda meneliti kandungan dari buah ini, Anda akan menemukan dua zat senyawa yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia dalam mengoptimalkan kinerja sel-sel tubuh seperti serotonin dan alkaloid. Serotonin dan Alkaloid adalah dua zat penting bagi nyeri haid karena dua zat ini akan membantu tubuh mengeluarkan senyawa yang dapat membuat Anda merasakan nyaman dan mengurangi rasa nyeri haid.

Siklus Haid yang Normal – Berapa lama?

Rasa Nyeri Saat Haid – Bagaimana mengatasinya?Lamanya siklus haid pada tiap wanita sebenarnya berbeda-beda bergantung beberapa faktor seperti tingkat kesuburannya, faktor genetika, pola hidup dan konsumsi asupan makanan yang diperolehnya. Namun jika Anda memiliki siklus haid antara 2 hari hingga 7 hari itu masih tergolong normal, bahkan jika Anda mengalami siklus haid yang lebih panjangpun selama itu tidak lebih dari 15 hari masih tergolong normal.

Lain cerita jika siklus haid yang Anda alami sudah melebihi waktu 15 hari bisa jadi itu tanda suatu penyakit seperti kanker. Siklus haid ini juga datangnya bervariasi, ada yang mengalami datang bulan setiap 28 hari sekali, ada yang 30 hari sekali, dan bahkan ada yang mengalami haid 21 hari sekali.

Comments

comments