Radioterapi Amankah Bagi Penderita Kanker?

Kami sudah mengulas informasi seputar kemoterapi, sekarang kami akan membahas tema seputar radioterapi, ini merupakan salah satu dari sekian banyak prosedur medis guna menangani penyakit kanker. Ya seperti halnya kemoterapi metode ini sangat digemari oleh beberapa orang yang telah memahami efek samping dan juga manfaat dari terapi ini. Jika Anda belum mengetahui metode ini, mari kita bahas bersama-sama!

Radioterapi!

Radioterapi Amankah Bagi Penderita Kanker?Pengobatan ini lebih dikenal dengan istilah terapi radiasi, dinamakan demikian karena proses pengobatan dibantu dengan menggunakan peralatan yang mampu memancarkan radiasi dari sumber energi radioaktif. Kadang kala jenis pengobatan ini juga dikombinasikan dengan penanganan medis seperti kemoterapi ataupun metode operasi. Tujuan dari pengobatan ini adalah menghancurkan jaringan sel kanker yang telah terbentuk sehingga dapat menghambat pertumbuhan, mengurangi ukuran dari sel kanker juga mengurangi dampak dari serangan kanker itu sendiri. Biasanya metode ini dilakukan untuk tindakan pencegahan, mengapa? Karena radiasi mampu menghancurkan materi genetika sel sehingga sel kanker tersebut tidak dapat membelah diri dan berkembang.

Namun sayangnya metode ini tidak hanya menghancurkan jaringan sel kanker tapi juga dapat merusak bahkan menghancurkan sel yang sehat diarea yang terkena radiasi tersebut. Oleh karena itu tindakan medis ini membutuhkan tenaga ahli yang benar-benar kompeten dibidangnya guna menghindari perluasan radiasi kearea sel yang sehat. Seringkali para ahli mengupayakan untuk memberantas sebanyak mungkin sel kanker dan sebisa mungkin menghindari sel yang sehat. Tapi jangan khawatir, sel sehat itu sendiri punya kemampuan yang luar biasa untuk memulihkan diri dari efek radiasi.

Dosis radiasi yang diberikan bergantung beberapa faktor misalnya; riwayat kesehatan pasien, tingkat rawan jaringan sel pada area yang terinfeksi, jenis kanker yang diderita, penggunaan obat lain selama menjalani radioterapi, juga lokasi yang akan diberikan radiasi. Radioterapi biasanya dilakukan pada kasus penderita kanker otak, kanker leher rahim, kanker payudara, kanker tenggorokkan, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kulit, kanker pankreas, bahkan diberikan juga pada pasien leukemia dan limfoma.

Jenis radioterapi juga dibagi menjadi tiga bagian; radiasi eksternal yang dilakukan dengan bantuan mesin di bagian luar tubuh, radiasi internal dengan penanaman alat pada bagian dalam tubuh, juga radiasi sistemik yang berlangsung mengikuti aliran darah yang berotasi ke seluruh tubuh biasanya diberikan dengan cara suntik atau telan.

Efek Samping?

Radioterapi Amankah Bagi Penderita Kanker?

Dampaknya tidak seperti pada penanganan medis dengan cara kemoterapi yang kebanyakan umum dialami beberapa pasien dan berdampak global (seluruh tubuh), pada kasus penanganan dengan radioaktif setiap pasien memiliki efek samping yang berbeda. Mengingat area yang diradiasi oleh setiap pasien tidaklah sama dan juga sistem sel setiap orang dalam memulihkan diri pun berbeda. Efek yang umum dirasa adalah rasa lemah yang dikarenakan rusaknya sel, oleh karena itu membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama guna memulihkan kondisi sel yang rusak. Ini berhenti setelah terapi dihentikan namun tidak instan karena sel sedang dalam masa pemulihan.

Radioterapi Amankah Bagi Penderita Kanker?Pasien yang menjalani tindakan medis ini juga mengalami peningkatan sensitivitas terhadap sinar matahari dan perubahan warna kulit, kerontokan rambut, gigi mudah keropos, sariawan, mulut kering, infeksi, pembengkakan gusi, batuk, demam, sesak napas, perubahan warna dahak, dan lainnya. Untuk itu Anda perlu konsultasikan dengan dokter Anda. Namun bukan berarti tidak ada solusinya, cari tahu lebih banyak dengan bertanya kepada para pakar medis sebelum bertindak!

Noni Juice Alternatif

Radioterapi Amankah Bagi Penderita Kanker?Jika Anda tidak ingin melakukan tindakan medis diatas, Anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi Noni Juice / Sari Buah Mengkudu yang diyakini dapat mengatasi penyakit kritis seperti kanker. Mengingat ini berasal dari alam kandungan herbalnya masih tergolong aman untuk dikonsumsi. Kami menyediakan hasil olahan mengkudu dengan nama Prime Noni Juice yang terdiri dari dua jenis yaitu PURE dan PREMIUM. Rasakan manfaat dari alam yang sehat dan menyegarkan ini, tak perlu takut dengan aroma mengkudu yang menyengat karena kami telah mengolahnya sehingga memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya!

Comments

comments