Mengkudu dan Khasiatnya Mengobati Asam Urat

Sering kali kita dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat. Mengapa? Karena berkaitan dengan asam uratkehidupan kesehatan kita selanjutnya. Semakin bertambah usia manusia maka semakin banyak ancaman penyakit yang bisa datang kapan saja. Salah satu penyakit tersebut adalah asam urat. Sebuah penyakit yang tidak jarang membuat orang tidak bisa bekerja atau beraktivitas seperti biasa.

Lalu apa sebenarnya penyakit asam urat itu? Asam urat sebenarnya bermanfaat bagi tubuh manusia karena kadar asam urat dalam plasma darah sering dijadikan indikasi adanya penyakit maupun gangguan yang bisa terjadi pada tubuh manusia. Sayangnya jika kadar asam urat berlebihan maka bisa membuat persendian terasa nyeri bahkan bengkak dan meradang.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat pada dasarnya diakibatkan karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin inilah yang diolah tubuh menjadi asam urat. Seperti yang kita ketahui bahwasanya segala makanan maupun minuman juga akan melalui ginjal untuk dikeluarkan. Nah, jika konsumsi zat purin berlebihan kemudian kadar asam urat juga berlebihan nantinya ginjal tidak bisa mengeluarkannya.

Akibatnya kristal asam urat menumpuk di persendian. Inilah yang membuat sendi-sendi penderita asam urat mengalami nyeri. Lalu makanan apa saja yang mengandung purin tersebut? yaitu makanan-makanan yang terdapat pada makhluk hidup. Bahkan ada beberapa sayuran maupun buah-buahan juga mengandung purin. Jadi jika makanan tersebut kita konsumsi maka zat purin tersebut akan berpindah ke dalam tubuh kita.

Usia Rentan Asam Urat

Nah, asam urat ini biasanya menyerang atau terjadi pada orang dengan usia lanjut misalnya usia sekitar 50 hingga 60 tahun. Mengapa? Karena di dalam tubuh mereka telah terjadi penumpukan zat purin ini selama bertahun-tahun. Hal ini akan semakin parah jika selama hidup tersebut sering berpola hidup tidak sehat misalnya jarang berolahraga dan enggan mengkonsumsi banyak air putih.

Tidak hanya itu saja. Bahkan saat ini orang yang berusia muda pun bisa berisiko terkena asam urat. Bisa jadi karena pola hidup tidak sehat kemudian konsumsi minuman beralkohol dan obesitas. Orang usia muda dan juga orang muda yang suka minum-minuman keras jauh lebih cepat mengembangkan penumpukan asam urat. Itulah sebabnya tidak jarang terdapat orang dengan usia sekitar 30 tahun namun terkena asam urat.

Jika kita sudah terkena asam urat maka bagaimana kita mengobatinya? Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menghindari beberapa sumber makanan yang mengandung zat purin. Serta melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang anda lakukan tentu saja dengan rutin berolahraga dan banyak minum air putih serta jangan bekerja terlalu keras.

Olahraga akan membuat peredaran darah lancar sementara air putih akan membantu proses pengeluaran zat purin berlebih dalam tubuh. Beberapa sumber makanan yang bisa dihindari adalah jeroan, daging yang berwarna merah seperti sapi, kambing maupun kuda.

Anda juga perlu menghindari makanan yang dikalengkan seperti kornet dan sarden. Kemudian macam-macam sayuran yang dihindari adalah bayam, kangkung, kembang kol, buncis, daun pepaya, daun melinjo, daun ketela pohon, buncis dan asparagus. Sementara buah-buahan adalah durian dan nanas.

Makanan Pencegah Asam Urat

sari buah mengkuduNamun tetap ada banyak sayuran maupun buah yang bisa dikonsumsi namun tidak mempengaruhi asam urat anda. Makanan yang kaya potasium seperti pisang, kentang dan yogurt sangat baik untuk anda konsumsi. Begitu pula buah pepaya, jeruk dan strawberry karena banyak mengandung vitamin C.

Lalu buah dan sayuran yang bisa dkonsumsi antara lain buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat. Anda juga perlu menghindari makanan ang bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin atau mentega. Makanan lain yang perlu dihindari adalah seafood karena sangat kaya dengan purin.

Selain itu anda juga perlu mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengurangi nyeri. Jika anda tidak menyukai obat-obatan kimia maka anda bisa mencoba pengobatan secara herbal. Karena saat ini ada tanaman herbal yang mempu mengobati asam urat.

Tanaman tersebut adalah buah mengkudu atau dikenal juga sebagai buah pace. Buah dengan nama latin Morinda citrifolia, terdapat benjol-benjol di kulitnya. Jika mentah berwarna hijau dan keras. Namun jika sudah masak buahnya berwarna kuning keputih-putihan, mudah hancur jika dipegang dan baunya sangat busuk atau menyengat.

Khasiat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Asam Urat

Meskipun begitu sari buah mengkudu bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Hanya dengan memeras atau memblender buah mengkudu kemudian diperas dan diambil airnya. Lalu diminum secara teratur maka anda bisa merasakan manfaat dari buah mengkudu tersebut.

Jika anda tidak tahan bau dan rasanya maka anda bisa menambahkan gula merah atau madu secukupnya. Anda juga bisa menkonsumsi mengkudu instan. Dimana saat ini semakin mudah menemukan mengkudu dalam bentuk kapsul dan bisa diminum setiap hari secara rutin.

Lalu mengapa mengkudu bisa mengobati asam urat? Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan tersebut antara lain:

  • Terdapat zat-zat anti bakteri yang membantu menyembuhkan penyakit akibat bakteri. Zat-zat anti bakteri tersebut misalnya Acubin, L. Asperuloside, Pseudonzonas Aeruginosa, Proteus Morganii, Staphllococus Aerus, Bacillus Subtilis dan Escherichia Coli.
  • Mengandung Asam Askorbat yang merupakan sumber vitamin C dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C ini sangat baik untuk penderita asam urat. Seringkali penderita asam urat diminta untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.
  • Mengandung zat scolopetin yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan melebarkan pembuluh darah yang tersumbat. Zat ini juga sebagai anti peradangan dan alergi.
  • Mengandung xeronine dan prexonine. Xeronine nantinya akan diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif dan mengatur struktur serta bentuk sel yang aktif. Sementara prexonine sejenis asam nukleat yang bermanfaat bagi tubuh.
  • Terdapat zat-zat antikanker yang berfungsi melawan sel-sel tubuh yang abnormal.
  • Kemudian terdapat zat terpenoid yang membantu proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Terdapat juga zat antriguinone yang berfungsi aktif sebagai antimikroba, minyak atsiri, serta damnacanthal yang berperan mencegah perkembangan sel kanker

Nah, dengan mengetahui khasiat serta kandungan dari buah mengkudu maka anda tidak perlu ragu untuk mengkonumsinya secara teratur. Apalagi buah mengkudu juga mudah didapat. Jika terenyata sulit diperoleh, maka anda bisa mencoba kapsul buah mengkudu yang banyak dijual.

Hanya saja yang perlu anda ingat agar asam urat tidak sering kambuh dan cepat sembuh sebaiknya anda menggabungkan antara mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin juga menghindari berbagai makanan yang bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut kambuh. Terutama makanan yang banyak mengandung zat purin. Selain itu anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin, minimal satu minggu sekali.

Jika anda memiliki tubuh yang gemuk sebaiknya anda berusaha untuk mengurangi berat badan anda. Anda hanya perlu bersabar, menjaga pola hidup sehat dan rutin mengkonsumsi buah mengkudu.

Solusi kesehatan dengan mengkudu akan sangat mudah di lakukan dengan mengkonsumsi sari buah mengkudu atau jus mengkudu. Prime Noni adalah produk jus mengkudu unggulan yang sudah terbukti khasiatnya. Anda ingin mengetahui lebih banyak? Silakan telusuri keterangan kami di halaman ini untuk membantu Anda lebih jelas lagi tentang khasiat Prime Noni bagi kesehatan Anda dan untuk mengatasi penyakit asam urat.

Promo Khusus Hanya Hari Ini Saja

  • Gratis Ongkos Kirim Ke Seluruh Jawa
  • Garansi 30 Hari Uang Kembali
  • Diskon Khusus Hari Ini Mulai Dari 15% – Untuk Paket 4 Botol dan Ke atas