Kandungan Mengkudu Bagian II – Sterol dan Terpenoid!

Dalam artikel sebelumnya pada bagian pertama tentang Antrakuinon dan Glikosida telah dibahas bagaimana mereka bekerja atasi berbagai macam penyakit seperti diabetes. Kali ini kami menampilkan kandungan lain pada buah mengkudu yang juga turut berperan dalam menjaga kualitas hidup Anda. Mari kita lihat dua kandungan lainnya yang sama pentingnya seperti kandungan yang sebelumnya, yaitu; Sterol dan Terpenoid.

Sterol

Kandungan Mengkudu Bagian II – Sterol dan Terpenoid!Apa itu sterol? Sterol termasuk jenis kolesterol yang biasanya ditemukan pada hewan, sedangkan Ergesterol biasanya ditemukan pada tumbuhan. Namun pada tanaman mengkudu sangat unik ditemukan kandungan sterol pada akarnya. Sterol pada tumbuhan disebut Pitosterol yang berfungsi dalam meringankan problem kesehatan yang terkait dengan tingginya tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh manusia dan dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Mengkudu dapat memperlambat penyerapan kolesterol pada usus dan juga menurunkan jumlah plasma beserta dengan kadar kolesterol LDL. Noni juice juga merupakan sumber utama dari (beta-) sitosterol, stigmasterol dan kampesterol. Ketiga jenis pitosterol tersebut benar-benar dibutuhkan oleh tubuh, memberikan nutrisi penting, tinggi akan serat, dan memberikan sumbangan penting bagi kesehatan prostat.

Beta Sitosterol telah terbukti ampuh sebagai obat anti inflamasi, anti kanker, menurunkan demam, dan membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Keseimbangan pada sistem kekebalan tubuh akan membantu kita dalam mengatasi alergi, kanker, infeksi virus yang kronis, dan penyakit auto-immune seperti Rheumatoid arthritis.

Anti Inflamasi berarti kemampuan suatu zat yang dapat mengatasi iritasi, luka, atau infeksi yang ditandai dengan nyeri, warna kulit yang memerah, pembengkakan, dan bahkan kehilangan fungsi. Stigmasterol dan sitosterol merupakan salah satu dari zat anti inflamasi yang dapat dioleskan. Kedua senyawa ini juga membantu dalam mengurangi kecenderungan sel untuk membekukkan darah dan membantu dalam proses perbaikan pembuluh darah yang rusak.

Terpen/Terpenoid

Kandungan Mengkudu Bagian II – Sterol dan Terpenoid!Terpen merupakan komponen utama dari minyak yang terdapat pada buah jeruk dan merupakan anggota dari bioflavonoid dan keratonoid. Zat-zat tersebut berfungsi dalam memerangi infeksi yang dikarenakan oleh jamur dan bakteri, membantu dalam mengobati Glukoma, gejala kejang pada penderita Multiple Sclerosis, lesi pada tulang belakang, dan mengurangi efek samping dari kemoterapi.

Eugenol merupakan terpen yang bertindak sebagai zat aktif pembasmi kuman serta menginduksi anestesi pada saraf trigeminal yang berkaitan dengan Trigeminal Neralgia atau Tic Doulureax. Eugenol melemaskan otot polos dengan mengganggu kontraksi otot AOS. Ini biasa ditemukan pada berbagai produk minyak aroma terapi yang digunakan untuk memberikan efek yang bersifat menenangkan.

Terpen lainnya yaitu Beta-Karotin, ini sapat membantu mengurangi tingkat kemungkinan seseorang terserang kanker pada sel paru-paru, kulit, leher rahim, saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Ini dimungkinkan karena adanya senyawa-senyawa yang dapat mengurangi kerusakan yang bersifat radikal bebas. Kelenjar timus turut membantu dalam menangani kerusakan yang bersifat radikal ini dengan cara membantu pendistribusian sel T untuk menghancurkan mikroba yang menyerang, stres dan meningkatnya usia turut memperparah keadaan pasien. Diet yang dilengkapi dengan supplemen seperti beta-karotin memberikan manfaat sebagai antioksidan yang akan membantu sistem kekebalan tubuh dan perlindungan dari bakteri besar pemakan sel imun yang disebut fagosit (phagocytes).

Hal ini juga secara signifikan dapat mengurangi kadar kolesterol, dan memasok sekitar dua-pertiga dari vitamin A yang diperlukan tubuh. Vitamin A membantu penglihatan khususnya pada malam hari dan menyumbang pada kesehatan kulit dan selaput lendir, juga berfungsi sebagai pertahanan pertama terhadap infeksi dan cedera. Vitamin ini juga penting bagi saluran gastro-intestinal, sistem pernapasan, dan saluran genito-kemih.

Limonene, juga terdapat pada mengkudu yang dapat membatasi pembentukan tumor dan aktivitas antimikroba terkait penyakit Alzheimer. Asam ursolat, juga dikenal sebagai urson dan prunol yang memiliki khasiat obat saat dioleskan atau dikonsumsi guna menghilangkan gejala inflamasi dan infeksi jamur pada kulit. Jika dikonsumsi dapat menghambat pembentukan dan pertumbuhan tumor pada kulit dan bertindak sebagai anti-inflamasi. Ini juga memiliki kesanggupan dalam mengatasi kehilangan rambut (alopecia) dan ketombe (bersifat mencegah).

Comments

comments