Kandungan Mengkudu Bagian I – Antrakuinon dan Glikosida!

Pada artikel kali ini, kami senang mengulas manfaat mengkudu berdasarkan kandungan yang terdapat didalamnya. Anda dapat melihat bagaimana dua senyawa penting dalam buah mengkudu yang disebut Antrakuinon dan Glikosida dapat membantu mengatasi problem kesehatan yang Anda derita!

Antrakuinon

Kandungan Mengkudu Bagian I – Antrakuinon dan Glikosida!Senyawa yang satu ini banyak terdapat pada akar pohon mengkudu, namun tidak berarti bahwa buahnya tidak memiliki senyawa ini. Antrakuinon kerap kali dikenal sebagai zat aktif antimikroba seperti jamur dan bakteri, ini berarti zat ini mampu mengatasi peradangan dan alergi. Menarik zat ini mampu menghadapi serangan bakteri yang bersifat merusak atau menginfeksi seperti; Escherichia Coli, Pseudomonas Aeruginosa, Proteus Morganii, Bacilus Subtilis dan Staphylococcus Aerus.

Bakteri Staphylococcus merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi pada jantung dan Antrakuinon memainkan peranannya sebagai Antibakteri yang membunuh Staphylococcus. Namun tidak hanya bakteri tersebut yang berhasil diatasi, masih ada beberapa bakteri patogen yang dapat dikontrol perkembangannya seperti; Salmonella Montivideo dan Shigella dysenteria.

Beberapa fungsi dari antrakuinon seperti yang disebutkan diawal yaitu mampu atasi peradangan, bakteri, parasit bahkan tumor. Juga beberapa dari senyawa ini dapat berfungsi sebagai analgesik yang berarti penghilang rasa sakit juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagaimana ini bekerja? Antrakuinon membantu proses metabolisme dalam tubuh, meningkatkan kemampuan respirasi pada sel, juga mengontrol pertumbuhan sel secara seimbang.

Salah satu zat yang merupakan senyawa Antrakuinon juga berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker ataupun tumor disebut Damnacanthal. Zat ini berfungsi dengan mengganggu pertumbuhan sel RAS, memotong jalannya persediaan darah menuju sel tumor, juga merampas nutrisi yang mereka butuhkan untuk berkembang dengan menghambat enzim yang mereka butuhkan untuk berkembang.

Zat lainnya berupa Alizarin yang mampu atasi leukimia dan menghambat Human Immunodeficiency Virus (HIV). Senyawa antrakuinon ini juga mampu atasi masalah batu ginjal maupun asam urat dengan mengikat mineral kalsium dan mengurangi laju pertumbuhan Kristal pada kandung kemih. Ini turut membantu atasi infeksi saluran kemih.

Glikosida

Kandungan Mengkudu Bagian I – Antrakuinon dan Glikosida!Ini merupakan gabungan dari senyawa Glikon dan Aglikon yang saling terikat. Beberapa glikosida bermanfaat bagi pengobatan jantung, maupun pengobatan jantung turunan lainnya. Salah satu golongan Glikosida yang penting dan terdapat pada buah mengkudu adalah Asperulosida yang digunakan dalam pengobatan Dieuresis (Pengurangan retensi urine), peradangan, varises, dan flebitis. Juga membantu dalam mencegah terjadinya mutasi kromosom dan kerusakan kromosom.

Diduga kuat glikosida mampu menghambat proses pembelahan sel kanker atau yang dikenal dengan istilah sitotoksik. Beberapa jenis glikosida dalam mengkudu adalah Glikosida Flavonol, Glikosida Iridoid, Glikosida lipid, dan triterpenoid. Jenis-jenis glikosida tersebut membantu dalam atasi diabetes dan penuaan, juga mampu berfungsi sebagai antioksidan.

Prime Noni Juice

Semua manfaat yang disebutkan diatas ada dalam sebotol Prime Noni Juice. Rasakan manfaat ganda yang terdapat dari sari buah mengkudu ini yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, namun pastikan pula agar Anda memiliki pola hidup yang sehat guna mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba bersama dengan Prime Noni Juice!

Comments

comments