Efek Samping Kemoterapi Adakah Solusinya?

Mungkin penyakit kanker yang Anda derita belum memasuki tahap akhir, namun perlukah kemoterapi dilakukan sedini mungkin? Atau adakah solusi lainnya? Apakah memang kemoterapi tidak memiliki efek samping? Jika di artikel sebelumnya Anda mungkin telah membaca garis besar metode kemoterapi secara umum, sekarang kami senang menyajikan informasi seputar dampak atau efek samping metode ini! Namun sebelumnya kenalilah jenis-jenis kemoterapi yang tersedia bagi pasien kanker berikut.

Jenis Kemoterapi

Efek Samping Kemoterapi Adakah Solusinya?Sebenarnya ini hanyalah pembagian berdasarkan tingkatan seberapa parah sel tersebut sudah terbentuk atau menyebar. Dalam pengobatan kanker ada yang disebut dengan terapi utama atau primer. Ini adalah tahap dimana sel kanker memang diberantas misalnya pada kondisi medis kariokarsinoma. Tentu saja menggunakan obat-obatan tertentu.

Medode kemoterapi yang lain disebut kemoterapi adjuvan atau tambahan, pada tahap ini pemberian obat dilakukan guna memastikan sel kanker benar-benar tidak ada pada tubuh pasien atau sudah bersih dan tak kembali lagi. Misalnya pada kasus penderita kanker indung telur setelah menjalani proses pembedahan. Proses ini dilakukan setelah menjalani kemoterapi utama! Kemoterapi Neoadjuvan adalah kemoterapi yang dilakukan sebelum proses kemoterapi utama yang berfungsi untuk mengurangi ukuran sel kanker sehingga memudahkan sewaktu pembedahan dilakukan, misalnya pada proses pengangkatan sel kanker pangkal rahim.

Kemoterapi tahap akhir disebut kemoterapi Paliatif, ini sifatnya bukan menyembuhkan melainkan mengendalikan pertumbuhan sel kanker tersebut agar tidak berkembang. Ini adalah tahap dimana sel kanker memang tidak dapat diberantas mengingat penyebarannya yang cepat dan sudah menyebar menuju organ-organ lainnya atau telat teridentifikasi. Metode ini sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit namun sekali lagi tidak dapat menyembuhkan!

Efek Samping!

Efek Samping Kemoterapi Adakah Solusinya?Tidak semua orang langsung merasakan dampak setelah melakukan prosedur kemoterapi. Pada beberapa kasus dampak baru muncul pada waktu yang lama namun adapula yang segera timbul setelah prosedur tersebut. Anda mungkin mengalami kerontokan rambut, gangguan saraf tepi, mukositis, kulit kering dan perubahan warna kulit, hormon yang tidak stabil, kelainan otot dan saraf, dan gangguan pencernaan.

Mual dan muntah? 80 persen pasien merasakan hal yang sama, bisa jadi karena Anda mengalami dehidrasi. Biasanya pemberian anti mual seperti Zofran, Narfos, Kytril, Primperan, atau Ativan diberikan sebelum melakukan tindakan kemoterapi guna mengurangi rasa mual tersebut.

Efek Samping Kemoterapi Adakah Solusinya?Menurunnya Jumlah Sel Darah Merah, ini menyebabkan Anda merasa lelah atau merasa seperti kekurangan oksigen. Oleh karena itu dibutuhkan Epogen guna membantu produksi sel darah merah. Perlu diperhatikan jika Hgb 9.5-10 gm/dl maka Anda butuh supplemen zat besi, begitu pula dengan jumlah Hgb ≤ 8 gm/dl maka Anda memerlukan transfusi (Perlu di ingat transfusi juga dapat memberikan efek samping lainnya bagi kesehatan Anda).

Menurunnya Jumlah Sel Darah Putih, jika Anda mengalami ini hati-hati Anda rentan terhadap infeksi. Asupan Leukokine dibutuhkan untuk memberikan rangsangan dalam membentuk Leukosit. Pastikan Anda terpisah dari pasien lainnya guna menghindari penyebaran penyakit lainnya dari pasien lain. Ukurlah suhu tubuh Anda setiap 4 hingga 6 jam sekali. Hindari dekorasi seperti tanaman hidup pada ruangan Anda dan konsumsilah makanan yang benar-benar matang jika makan buah pilihlah yang memiliki lapisan kulit luar.

Menurunnya jumlah trombosit, perhatikan jika terjadi pendarahan pada urine / kotoran. Hindari penyuntikan langsung, penggunaan keteter juga termometer dubur, dan trauma mulut (dental gloss atau permen bertekstur keras dapat menimbulkan hal tersebut). Beresiko mengalami pendarahan pada otak, oleh karena itu perlu mengurangi aktifitas.

Solusi!

Efek Samping Kemoterapi Adakah Solusinya?Sari buah mengkudu atau dikenal dengan istilah Noni juice telah dikenal baik dalam mengatasi kanker tanpa efek samping dan terbukti ampuh dalam mengontrol perkembangan sel kanker. Mengapa bisa? Karena noni juice ini berasal dari bahan alami bukanlah zat kimia buatan dan ini membuatnya unggul dalam segi keamanan sewaktu di konsumsi. Hasil olahan buah mengkudu ini juga dapat mengobati penyakit lain seperti Myocardial infarction.

Comments

comments