Dysmenorhea – Menyerang Wanita!

Dysmenorhea – Menyerang Wanita!Tentu saja Anda bertanya-tanya apa itu Dysmenorhea? Dysmenorhea adalah istilah medis yang digunakan untuk mengungkapkan rasa nyeri haid. Ini biasa terjadi pada wanita dengan usia yang produktif, kira-kira ada sekitar 30 hingga 75% dari total wanita di dunia yang mengalami hal ini dan membutuhkan konsultasi dan perawatan medis. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Penyebab Dysmenorhea

Dysmenorhea – Menyerang Wanita!Menurut situs kesehatan tepercaya ada tiga faktor utama penyebab terjadinya dysmenorhea. Yaitu;

  1. Faktor Psikologi; Stres dapat menimbulkan nyeri pada waktu haid
  2. Faktor Resiko; Usia – Setidaknya ada dua golongan usia yaitu pada masa remaja yang berlangsung selama 2 hingga 3 tahun sejak menstruasi pertama seringkali mengalami Dismenore Primer dan pada usia 20 tahun yang juga mengalami Dismenore Sekunder.
  3. Faktor lain; Retroversi (Kondisi rahim yang menghadap kebelakang), Stres secara psikis maupun sosial, juga karena kurangnya aktifitas gerak seperti olahraga.

Penggolongan Klasifikasi Dysmenorhea Berdasarkan Kelainan

Lalu Apa yang dimaksud dengan Dismenore Primer dan Dismenore Sekunder?

  1. Dismenore Primer; Terjadi pada masa awal terjadinya pelepasan sel telur (ovulasi) yang sudah matang dari dalam rahim menuju tuba falopi, jika sel telur tidak dibuahi ia akan mati dan terlepas bersama dengan dinding rahim (Menstruasi). Pada saat ini terjadi biasanya bersamaan dengan rasa nyeri, mual, muntah dan juga diare. Sebab yang jelas timbulnya nyeri tidak diketahui (Idiopatik). Biasanya hilang setelah melahirkan anak pertama. Namun faktor kemungkinan yang membuat nyeri primer ini menjadi parah ada dua yaitu; faktor fisik dan psikis. Faktor Fisik; Penyempitan pembuluh darah, penyakit menahun, kekurangan darah (anemia), tubuh tidak fit dan pengaruh hormon Prostaglandine. Faktor Psikis; Stress dan Shock. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan Anda.
  2. Dismenore Sekunder; Nyeri haid yang timbul karena kelainan yang dapat diketahui. Timbul setelah satu tahun bahkan lebih sejak menstruasi pertama. Penyebab utama ada dua yaitu; Pertama, tumbuhnya sel tidak pada tempatnya yang seharusnya tumbuh di lapisan rahim tapi ini berada dibagian tubuh lainya, sehingga pada saat menstruasi tiba dan dinding rahim menebal akan dirasakan sakit yang amat besar (Endometriosis). Kedua, peradangan yang terjadi pada bagian terdalam dari organ reproduksi wanita (Infeksi Genetalia Interna). Jika Anda mengalami hal demikian lakukanlah pemeriksaan guna mengetahui sebab jelas dari nyeri haid yang dirasa. Penyebab lainnya kista atau polip bahkan tumor.

Gejala Dysmenorhea

  • Rasa Nyeri atau sakit yang tidak beraturan juga disertai dengan kram yang terletak pada bagian bawah perut kemudian menyebar kearah panggul, pangkal paha, juga bagian luar organ reproduksi wanita  yang terjadi sebelum atau saat menstruasi selama dua hari.
  • Gelisah, depresi, sensitif, kelelahan, perubahan suasana hati yang ekstrem dan mengalami gangguan tidur.
  • Payudara terasa membengkak, kembung, sakit pada kepala, persendian, dan punggung.
  • Mual, muntah, diare dan jerawat.

Pengobatan Dysmenorhea

Dysmenorhea – Menyerang Wanita!

  • Konsumsi obat anti radang non steroid seperti; Ibuproven, naproxen dan asam mafenamat. Dianjurkan untuk meminumnya 2 hari sebelum menstruasi terjadi hingga hari ke-2 menstruasi.
  • Istirahat, olahraga, pengompresan dengan air hangat pada area perut bagian bawah dan pemijatan.
  • Laparoskopi; teknik bedah invasif minimal dengan alat berdiameter kecil pada rongga perut bagian dalam jika terdapat kelainan medis pada rahim.
  • Ablasio Endometrium; prosedur medis dengan membakar atau menguapkan lapisan rahim dengan sebuah mesin pemanas.
  • Noni Juice olahan alami yang mengandung serotonin berkhasiat memberikan perasaan tenang atau relaksasi dengan mengaktifkan protein reseptor pada tubuh. Cobalah Prime Noni Juice!

Comments

comments