Cara Kerja Mengkudu Dalam Mengobati Flu!

Flu adalah penyakit yang sering dan paling mudah menyebar. Seringkali ini berawal dari sistem kekebalan tubuh yang melemah sehingga virus atau bakteri penyebab flu masuk melalui pernapasan dan mulai mengganggu kesehatan kita. Apa yang kita perlukan guna menghadapi serangan flu? Bagaimana mengkudu dapat mengobati flu?

Kandungan Mengkudu Atasi Flu

Cara Kerja Mengkudu Dalam Mengobati Flu!Dalam mengkudu terkandung tiga jenis asam, seperti; Asam Kaproat dan Asam Kaprik yang menyebabkan aroma busuk yang menyengat pada mengkudu yang sudah matang. Juga ada Asam  Kaprilat yang membuat rasa mengkudu tidak enak untuk dimakan. Namun bukan tiga jenis asam tersebut yang dibutuhkan dalam menghadang flu. Ada satu lagi jenis asam yang dikenal dengan Asam Askorbat. Asam askorbat adalah jenis asam yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan guna menghadapi serangan flu.

Biasanya jika seseorang sakit, seringkali dianjurkan untuk melawannya dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup kuat. Mengapa?

Karena vitamin C dengan dosis tinggi dapat bekerja sebagai antioksidan dalam menangkal serangan radikal bebas yang seringkali menjadi penyebab flu.

Cara Kerja Mengkudu Dalam Mengobati Flu!Pada saat mengkudu di konsumsi kandungan Asam Askorbat akan memberikan vitamin C tambahan sehingga dapat mengeluarkan elektron pengganti guna memenuhi kekurangan elektron akibat radikal bebas. Setelah itu antioksidan yang sudah saling melengkapi dengan elektron lainnya akan membentuk sebuah perisai pelindung yang mencegah reaksi berantai dari radikal bebas. Radikal bebas terbentuk dari suatu kondisi dimana sebuah elektron meninggalkan gugus elektron dalam kelompok kecil yang dikarenakan adanya gangguan pada sistem tubuh. Vitamin C tersebut akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat memproduksi lebih banyak sel darah putih guna melawan virus penyebab flu.

Namun jangan pernah meremehkan penyakit flu, karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga kita juga mudah terinfeksi oleh virus penyakit lainnya seperti; penyakit paru-paru kronis, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, ginjal, hati, dan gangguan metabolisme. Bagaimana menghadapi flu yang serius? Selain mengkonsumsi sari buah mengkudu, Anda juga perlu mengenal fase-fase umum dari flu sebelum itu menjadi serius. Mau tahu?

Mengenal Fase Flu Serius atau Tidak!

Cara Kerja Mengkudu Dalam Mengobati Flu!Seperti yang pada umumnya diketahui oleh Anda, seringkali flu ditandai dengan batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah dan diare. Beberapa orang bahkan mengalami peningkatan suhu tubuh dan demam, namun gejala ini tidak selalu sama pada setiap penderita flu.

Flu bisa menyebar kepada orang lain 1 hari sebelum orang tersebut terjangkiti sampai 5 hingga 7 hari setelahnya.

Namun jika pasien mulai menunjukkan gejala berikut Anda perlu waspada terhadap flu yang dideritanya;

  • Kesulitan bernapas atau pernapasan menjadi lebih cepat dari biasanya
  • Warna kulit yang memucat (membiru atau abu-abu)
  • Tidak banyak minum (Jarang buang air kecil dan tidak seperti pada keadaan normal)
  • Tidak bangun atau berinteraksi
  • Menjadi sangat sensitif seperti tidak ingin disentuh
  • Demam tidak cepat membaik dan batuk bertambah parah

Jika keadaan demikian terjadi segeralah hubungi doketer keluarga yang Anda percaya mengingat kondisi tersebut perlu ditangani lebih jauh oleh ahli medis. Biasanya akan dilakukan pengecekan seperti rongga mulut, contoh dari dahak yang dikeluarkan guna mengetahui perkembangan lebih lanjut apakah terjadi komplikasi penyakit lainnya atau tidak. Hal ini penting guna memberikan pengobatan yang tepat bagi pasien.

Comments

comments