Berhenti Merokok – Mungkinkah? Bisa – Jika Itu Tekad Anda!

Berhenti Merokok – Mungkinkah? Bisa – Jika Itu Tekad Anda!Apakah Anda merasa sulit untuk berhenti merokok? Mungkinkah terbebas dari perbudakan rokok tersebut? Sebenarnya Anda bisa, dengan membayangkan bahwa Anda tidak sendirian sewaktu sedang melawan hasrat untuk merokok. Pikirkan bahwa ada jutaan orang yang memiliki problem yang sama dan juga berjuang seperti Anda. Dan ada jutaan orang juga yang tewas karena rokok. WHO – World Health Organization menyebutkan angka yang mengejutkan sehubungan dengan meningkatnya jumlah kematian yang disebabkan oleh merokok. Misalnya dalam beberapa tahun belakangan ini ada kira-kira 6 juta orang yang meninggal setiap tahunnya dikarenakan merokok dan angka ini kian lama semakin melonjak seakan para perokok tidak mengetahui bahayanya.

Bahkan dari jumlah perhitungan lainnya menyebutkan bahwa perokok pasif atau orang yang tidak merokok namun menghirup asap dari perokok beresiko mengalami kematian sebesar 600.000 jiwa setiap tahunnya. Bayangkan akibat yang ditimbulkan dari merokok. Anda tentu tidak ingin disebut sebagai pembunuh bukan? Jika tidak, berhentilah merokok dengan menyelamatkan satu nyawa yaitu diri Anda sendiri, sebenarnya Anda berhasil menyelamatkan setidaknya 3 orang bahkan lebih jika Anda melakukannya. Persentase lain yang juga mengejutkan memperlihatkan bahwa ada 63% kematian dari berbagai penyakit ternyata di picu oleh kebiasaan merokok.

Asal Usul Rokok – Darimana?

Berhenti Merokok – Mungkinkah? Bisa – Jika Itu Tekad Anda!Pada awal abad pertama sebelum masehi rokok sebenarnya dikenal dengan istilah Tobacco yang diambil berdasarkan tanaman tobacco yang tumbuh subur didaerah Amerika Utara dan Selatan. Biji tanaman tobacco ini sangat kecil sekali, mengingat satu ons tobacco terdiri dari tiga ratus ribu biji dan tanaman ini dipercaya tumbuh sejak 6000 tahun sebelum masehi di Amerika. Di abad pertama tersebut beberapa suku Indian – Amerika sering menggunakan tobacco dalam ritual keagamaan bahkan ritual pengobatan. Pada masa itu tobacco dikenal dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti halnya luka-luka bahkan dapat menghilangkan rasa sakit dan dipercaya dapat mengobati sakit gigi jika mengunyahnya.

Karena dikenal dapat mengobati berbagai macam penyakit maka tobacco-pun mulai dikenal sebagai alternatif medis dan beberapa orang mulai beralih ke jenis pengobatan ini. Pada masa itu efek samping dari tobacco belun teridentifikasi. Pada tahun 1588 seseorang yang berasal dari Virginia bernama Thomas Harriet mempromosikan merokok sebagai budaya, kala itu membuang asap rokok melalui hidung menjadi sangat populer, pada akhirnya Thomas Harriet-pun meninggal karena penyakit kanker pada bagian hidung.

Kemudian ditahun 1610 Sir Francis Bacon menyadari bahwa merokok adalah kebiasaan yang buruk bagi kesehatannya dan ia merasakan bahwa untuk berhenti merokok tidaklah mudah. Di tahun 1826 diketahui bahwa rokok memiliki kandungan nikotin yang membahayakan tubuh dan dianggap sebagai racun. Ditahun 1924 Philip Morris mulai memasarkan Marlboro untuk kaum wanita dengan slogan ‘Mild as May’. Inilah pertama kalinya rokok mulai dikenal oleh kaum wanita. Ditahun 1966 label peringatan bahaya merokok mulai ditayangkan pada setiap kemasan rokok.

Berhenti Merokok Bagaimana?

Berhenti Merokok – Mungkinkah? Bisa – Jika Itu Tekad Anda!Seperti yang disebutkan pada judul dari artikel ini Anda bisa berhenti merokok dengan memiliki tekad yang kuat, jika Anda memiliki kesulitan dalam memiliki tekad kuat, Anda bisa melakukan metode berikut dengan cara mencatat alasan Anda ingin berhenti merokok sebagai motivasi tambahan dikala tekad Anda melemah. Analisis kebiasaan Anda merokok, kapan, dimana? Guna menghindari saat-sat tersebut dan mengalihkan pikiran Anda pada kegiatan tertentu.

Pilihlah tanggal dimana Anda harus benar-benar berhenti merokok sebagai target, sebelum tanggal yang ditetapkan singkirkanlah segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk merokok seperti korek Api, Asbak atau pematik. Juga bersihkan semua pakaian yang beraroma rokok sehingga Anda dapat melawan godaan untuk merokok. Datangi tempat-tempat dimana Anda dilarang merokok dan jangan mencari kesempatan untuk merokok ketika kambuh. Cobalah minuman kesehatan seperti Prime Noni Juice yang dapat mengurangi keinginan untuk merokok.

Comments

comments